Hasil Tenunan Iban dari Desa Sungai Antu

Sungai Antu Р6 Maret 2017. Menurut beberapa nara sumber yang kami temui, Tenunan yang ada di Desa Sungai Antu terdiri dari beberapa jenis, yaitu : Tenunan Songket, Tenunan Sidan, dan Tenunan Ikat. Yang paling disukai dari 3 jenis tersebut adalah tenunan songket. tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa ketiga jenis tenunan itu merupakan sesuatu yang sangat diminati oleh semua warga Kecamatan Puring Kencana, atau bahkan kadang-kadang juga ada masyarakat luar yang berkunjung juga berminat dengan tenunan tersebut.

20170302_083138
Tenunan Songket – dayak Iban Desa Sungai Antu

 

tenunan songket ini merupakan ciri khas orang dayak Iban dalam melaksanakan acara-acara adat, seperti acara gawai bersama, acara penikahan adat, acara penyambutan tamu kehormatan dan acara lainnya. Hasil tenunan ini juga bukan cuma berupa syal ( Selendang : Bahasa Iban), tapi juga bisa berupa kain yang nantinya akan dibuatkan menjadi baju dan juga rok bagi kaum perempuan.

20170302_083337
(Beliak : bahasa Iban) Alat yang digunakan dalam pembuatan Tenunan

 

Alat yang digunakan untuk membuat tenunan juga nampak seperti pisau. hanya saja bukan terbuat dari besi, melainkan dari kayu gaharu atau kayu belian. (Kontributor: Rosalia).

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan